Gerak Cepat Bupati Purwakarta Atasi Polio, Puluhan Ribu Balita akan Segera Diimunisasi


Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika



Beropini.id - Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersiap-siap menggelar imunisasi massal untuk melawan penyakit polio. Tindakan ini diambil menyusul satu kasus polio yang menyerang seorang anak berusia 4 tahun di Kecamatan Maniis, Purwakarta. Imunisasi akan dilaksanakan serentak pada Senin, 3 April 2023, dan akan menyasar sekitar 78.077 balita di Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, meminta semua dokter, tenaga medis, rumah sakit, pos pelayanan kesehatan terpadu, dan Puskesmas di seluruh kecamatan untuk mempersiapkan pelaksanaan imunisasi dengan matang dan tingkat kesiapan yang tinggi. Dia juga meminta para camat untuk mengoordinasikan semua potensi di wilayahnya agar pelaksanaan imunisasi polio berjalan sukses.

"Semua jajaran di bidang kesehatan sudah kita minta total menyukseskan imunisasi massal ini. Semua sarana dan fasilitas kesehatan sudah harus siap. Para camat sudah saya minta untuk mengkoordinasikan semua potensi di wilayahnya agar pelaksanaan imunisasi polio berjalan sukses. Kita tidak ingin ada lagi kasus penyakit polio seperti ini terjadi di Purwakarta," kata Bupati Anne.

Imunisasi akan difokuskan pada anak-anak berusia 0-59 bulan. Bupati Anne berharap imunisasi ini dapat mencegah terjadinya kasus polio di masa depan dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya imunisasi polio. Dia meminta seluruh lapisan masyarakat, termasuk para kader PKK, untuk aktif dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya imunisasi polio.

Selain itu, Bupati Anne meminta semua sarana dan fasilitas publik, seperti pasar tradisional dan supermarket, ikut serta dalam menyelenggarakan imunisasi polio. Hal ini dilakukan untuk menyasar semua lapisan masyarakat dan memastikan pelaksanaan imunisasi sukses.

"Kita ingin menyasar semua lapisan masyarakat. Selain fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, posyandu, dan klinik kesehatan, kita juga akan dirikan pos pelayanan imunisasi di pasar-pasar tradisional dan supermarket. Semua sarana publik yang ramai dikunjungi masyarakat harus kita pastikan ada pos pelayanan imunisasi," ujar Bupati Anne.

Bupati Anne juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelaksanaan imunisasi tersebut dan menjadikannya tanggung jawab bersama untuk memberantas penyakit polio di Purwakarta.

"Kepada masyarakat, tolong maksimalkan imunisasi ini dan jangan sampai tidak memanfaatkannya. Ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantas penyakit polio di Purwakarta. Sekali lagi ingin saya tegaskan, tidak boleh ada lagi anak-anak kita yang terkena penyakit polio," tegas Anne Ratna Mustika.

(br/pwk)


Lebih baru Lebih lama