Gempungan, Komitmen Pemkab Purwakarta dalam Memaksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Bupati Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika/rmol

Beropini.id - Pelayanan publik menjadi salah satu hal yang penting bagi kesejahteraan masyarakat. Kabupaten Purwakarta yang terletak di Jawa Barat memiliki beberapa inovasi pelayanan publik yang unik, salah satunya adalah program Gempungan.

Program ini dilakukan di wilayah pedesaan dengan konsep jemput bola, sedangkan di wilayah perkotaan disebut program Pelayanan Publik. Program ini diinisiasi oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sejak awal bulan Maret 2023, program tersebut telah dilaksanakan di dua titik di wilayah perkotaan yaitu di Kelurahan Tegal Munjul dan Kelurahan Nagri Kaler. Pada hari ini, Jumat 10 Maret 2023, Bupati Purwakarta dan sejumlah pejabat lainnya meninjau pelaksanaan program Pelayanan Publik di Kampung Santiong RT 05 RW01 Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta Kota.

Selain itu, pada kunjungannya tersebut, Bupati Purwakarta juga meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Nagri Kaler. TPS3R ini memiliki daya tampung 25 ton sampah per hari dan akan menjadi solusi bagi pengelolaan sampah di lingkungan Kelurahan Nagri Kaler dan sekitarnya. Satu RW akan difasilitasi dengan kendaraan pengangkut sampah roda tiga atau cator.

Sebelumnya, pada 2 Maret 2023, Bupati Purwakarta juga melakukan peninjauan pelaksanaan program Pelayanan Publik di Kelurahan Tegal Munjul. Di sana, terdapat beberapa layanan publik seperti Ketenagakerjaan, Kependudukan, Perizinan OSS, Kesehatan, BPJS, PBB, dan Pelayanan KB.

Selain itu, pada agenda tersebut, Bupati Purwakarta juga memberikan bantuan sosial untuk perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada warga Kampung Tegal Junti RT 02 RW 01, Kelurahan Tegal Munjul. Bantuan ini diberikan secara simbolis kepada Ibu Ai Maesaroh dan berasal dari APBD Kabupaten Purwakarta sebesar 20 juta rupiah.

Dengan adanya inovasi-inovasi pelayanan publik yang unik ini, diharapkan Pemda Purwakarta dan seluruh stakeholder terkait dapat bersinergi positif dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Purwakarta.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama