Bupati Purwakarta Ajak Mahasiswa untuk Bantu Percepatan Pembangunan Wilayah Desa

Bupati Purwakarta dalam acara pengukuhan aliansi BEM Purwakarta/jabaronline

Beropini.id - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengeluarkan ajakan menarik bagi elemen mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Purwakarta untuk ikut serta dalam mempercepat pembangunan wilayah desa. 

Pada saat acara pengukuhan Aliansi BEM Purwakarta di Bale Paseban, Komplek Pemda Purwakarta pada hari Jumat, 17 Maret 2023, Anne Ratna Mustika meminta aktivis mahasiswa untuk terus mengkaji dan menggali potensi desa serta memanfaatkan potensi tersebut sebagai modal untuk kemajuan desa di Purwakarta.

Menurut Anne Ratna Mustika, peran mahasiswa dan kampus sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi daerah, yang pada akhirnya akan memacu kemajuan ekonomi nasional. 

"Teman-teman mahasiswa harus menjadi agen pertumbuhan ekonomi. Teruslah menggali potensi desa dan terus belajar di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja, tujuannya untuk mengasah kepekaan dalam melihat setiap potensi," ujarnya.

Anne Ratna Mustika juga menekankan bahwa menumbuhkan sektor ekonomi merupakan prinsip dasar nilai-nilai Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Hal ini harus menjadi semangat bagi para aktivis dari Aliansi BEM untuk menumbuhkan sektor ekonomi di daerah.

Selain itu, Anne Ratna Mustika juga meminta agar pembangunan infrastruktur jalan yang telah mencapai desa terluar di Purwakarta dioptimalkan dengan baik. Potensi hasil perkebunan, perikanan, dan wisata desa juga harus dimaksimalkan untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat pedesaan dan memberdayakan potensi yang ada di sana. Anne Ratna Mustika berharap bahwa mahasiswa dapat menjadi roda penggerak dalam memaksimalkan potensi tersebut.

Muhammad Abdul Fauzi, Koordinator Aliansi BEM Mahasiswa Kabupaten Purwakarta, menyatakan bahwa mahasiswa sebagai kalangan terpelajar dan dikenal sebagai "agent of change" harus menjadi penentu arah perubahan. Termasuk, dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin cepat. 

"Apa yang dikatakan oleh Anne Ratna Mustika menjadi pengingat bagi kita sebagai agen perubahan. Mahasiswa harus memperkuat ekonomi kreatif di pedesaan dan mengoptimalkan potensi daerah, sehingga dapat disebut sebagai kalangan agen perubahan," ujarnya.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang tergabung dari semua Sekolah Tinggi maupun Universitas di Kabupaten Purwakarta merupakan wadah antar mahasiswa untuk menjaga kondusifitas dan kenyamanan di Purwakarta serta meningkatkan perekonomian di daerah. Diharapkan dengan sinergi antara mahasiswa dan pemerintah daerah, pembangunan di wilayah desa Purwakarta dapat lebih cepat dan terus maju ke depan.

(br/pikiran-rakyat)

Lebih baru Lebih lama