Tekad Kelompok Petani Muda Desa Campaka Purwakarta dalam Mewujudkan Program Ketahanan Pangan Desa

Kelompok Tani Muda Desa Campaka/beropini

Beropini.id - Kelompok petani muda desa campaka purwakarta bertekad untuk ikut andil dalam program ketahanan pangan desa, program tersebut adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Kementrian Desa demi terwujudnya desa mandiri.

"Kelompok Tani kami adalah kelompok petani beranggotakan pemuda desa yang mempunyai minat dalam bertani, kami melihat peluang pada pertanian karena tidak bisa dipungkiri profesi petani muda di Indonesia saat ini adalah profesi yang minoritas." Ungkap Sona Sonjaya, Ketua Kelompok Tani Muda Desa Campaka (22/02/2023).

"Pengalaman kami tidak banyak terkait pertanian, maka dari itu kami berkolaborasi dengan tokoh-tokoh di Desa Campaka yang sudah malang melintang dalam bidang tani untuk menjadi pembimbing kami." Lanjutnya.

Saat ini lahan dari kelompok tani muda sudah mulai proses penanaman, mulai dari jagung, kangkung, sampai timun suri.

Kelompok petani muda desa campaka juga sedang mengumpulkan persyaratan agar bisa masuk dalam pendataan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.

"Penting untuk kelompok kami diakui oleh DISPANGTAN, agar kami dapat memperoleh bibit dan pupuk bersubsidi. Karena saat ini tanpa legalitas kami akan kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, tanpa pupuk bersubsidi biaya bertani akan lebih mahal." Tutur dia.

Untuk tahap awal, kelompok tani desa campaka telah mengajukan permohonan Surat Keputusan (SK) dari Pemerintahan Desa Campaka agar kelompok mereka legal keberadaannya di Desa.

"Kepala Desa Campaka menyambut baik kelompok tani kami, beliau mendorong untuk melegalkan kelompok tani kami, beliau pun yang menghubungkan kami dengan DISPANGTAN Purwakarta." Lanjut Sona.

"DISPANGTAN Purwakarta sudah berkunjung ke kebun kami memberikan bantuan bibit jagung, saat ini kami sedang mengumpulkan persyaratan untuk mendaftarkan kelompok tani kami ke DISPANGTAN, dalam waktu dekat kami akan menyerahkan semua persyaratan." Tutupnya. (LH)


Lebih baru Lebih lama