Sandiono Fans Club Purwakarta Selenggarakan Pelatihan Olah Eceng Gondok untuk Warga

foto: istimewa

Beropini.id - Sandiuno Fans Club mengadakan pelatihan pengolahan eceng gondok untuk warga di Kecamatan Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (17/2). Acara tersebut diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penghasilan tambahan keluarga dan menumbuhkan wirausaha baru.

Sebab eceng gondok merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Tanaman tersebut bisa diolah menjadi produk kreativitas yang cukup dilirik oleh pasar.

"Eceng gondok merupakan wabah yang mengganggu bagi perikanan, sehingga kami mengambil kesimpulan untuk mengadakan pelatihan. Ternyata eceng gondok ini setelah dikelola, diteliti, dan dimanfaatkan serta dikerjakan oleh orang-orang kreatif bisa menghasilkan nilai tambah secara inside dapat menyerap lapangan kerja," kata Ketua Sandiuno Fans Club Purwakarta Pepta Triansyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/2/2023).

Menurutnya, kegiatan tersebut diselenggarakan sejalan dengan upaya Sandiaga Uno dalam mendorong potensi ekonomi kreatif. Di mana dalam pelatihan tersebut, para peserta bakal diberikan pendampingan untuk memasarkan produknya.

Kegiatan ini turut didukung oleh DPD RSI Purwakarta dan DPN Rumah SandiUno Indonesia, mereka menilai program Sandiaga Uno membuka lapangan kerja di sektor UMKM akan semakin terbuka lebar sehingga target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di 2024 bisa dicapai.

"Mas Menteri Sandiaga Uno sangat mendorong ekonomi kreatif, ini terbukti yang kita lakukan hari ini untuk menciptakan lapangan kerja dan perekonomian keluarga di daerah tersebut. Sandiuno Fans Club pun memberikan langkah-langkah strategis ke depannya program pendampingan untuk memasarkan produk secara luas," tuturnya.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan Herni (20) menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut mampu membuat wawasan untuk menjadi pengusaha muda terbuka lebar.

"Mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan tentunya mendapatkan ilmu yang lebih banyak, karena saya mempunyai usaha sepatu dan sandal dari bahan kulit sapi, jadi eceng gondok dapat dibudidayakan suatu produk yang unggulan dan berkualitas," tutup Herni.

(akn/ega)




Baca artikel detikjabar, "Warga di Purwakarta Dilatih Olah Eceng Gondok Jadi Produk Bernilai" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6575435/warga-di-purwakarta-dilatih-olah-eceng-gondok-jadi-produk-bernilai.

Lebih baru Lebih lama