Rotasi 9 Pejabat Pemprov Eselon Dua, Ridwan Kamil: Untuk Jaga Stabilitas

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/detik

Beropini.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan mutasi, rotasi dan promosi jabatan terhadap 206 pegawai negeri sipil (PNS). Sebanyak sembilan di antaranya merupakan pejabat tinggi pratama atau eselon II.

Dari 206 PNS yang dirotasi, mutasi dan promosi, 131 di antaranya merupakan jabatan administrator, 66 jabatan pengawas, dan sembilan lainnya jabatan tinggi pratama. Rotasi, mutasi dan promosi itu sesuai dengan Keputusan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Untuk rotasi, mutasi dan promosi jabatan tinggi pratama atau eselon II sesuai dengan Kepgub Nomor 821.2/KEP.94-BKD/2023 tentang Alih Tugas dan Pengangkatan PNS dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar.

Ada sembilan nama yang terkena rotasi, mutasi dan promosi, seperti Dendi Supandi yang sebelumnya menjabat Dinas Pendidikan (Disdik) kini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar. Kemudian Iendra Sofyan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disperindag, kini menjabat sebagai Kepala Bappeda Jabar.

Ridwan Kamil memastikan rotasi, mutasi dan promosi jabatan merupakan upaya dalam menjaga stabilitas. Ia meminta agar yang sudah baik untuk tetap dipertahankan. Ia mengklaim saat ini Jabar telah mendapatkan 500 penghargaan.

Ia juga memastikan rotasi, mutasi dan promosi masih bisa dilakukan jelang masa jabatannya berakhir. "Masih bisa, nggak ada masalah. Ini mah kan karena banyak yang pensiun. Bu Ike (Dewi Sartika) pensiun, makanya sebelum hari ini jabatannya di Plt kan, terus BKD Pak Yerry meninggal, kan belum ada gantinya. Terus Pak Dodit Plt,' kata Ridwan Kamil usai pelantikan dan pengukuhan jabatan di Gedung Sate, Jumat 9(24/2/2023).

"Jadi cuma kan prosesnya lama, nunggu izin dari Kepala BKN dan ini ronde pertama, dan ronde kedua mungkin seminggu dua minggu lagi," ucap Ridwan Kamil menambahkan.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil mengatakan secara umum Jabar sudah bagus. Ia juga mengatakan rotasi, mutasi dan promosi dilakukan menggunakan sistem merit.

"Jadi ini contoh yang dipilih berdasarkan input-input dari komputer itu. Jadi harusnya kinerjanya bagus," kata Kang Emil.


Berikut daftar eselon II yang dirotasi, mutasi dan promosi:

1. Ganjar Gumiharsa - Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar

2. Dedi Supandi - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar

3. Noneng Komara Nengsih - Kepala Disperindag Jabar

4. Wahyu Mijaya - Kepala Disdik Jabar

5. N Yuliarsa - Kepala DPMPTSP Jabar

6. Sumasna - Kepala BKD Jabar

7. Iendra Sofyan - Kepala Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar

8. Mas Adi Komar - Kepala Biro Adpim Setda Jabar

9. Yulia Dewita - Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar

(sud/mso)




Baca artikel detikjabar, "Gubernur Jabar Ridwan Kamil Rotasi Sembilan Pejabat Eselon Dua" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6586933/gubernur-jabar-ridwan-kamil-rotasi-sembilan-pejabat-eselon-dua.

Lebih baru Lebih lama