Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Berangkatkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Momen Menhan Prabowo Subianto dampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan gempa Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023). (dok. Tim Media Prabowo).

Beropini.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah. Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik.

Bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Bantuan akan dikirimkan dengan menggunakan 4 pesawat, masing-masing 2 pesawat untuk tiap negara.

"Pada pagi hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk Turkiye dan Suriah, berisi 140 ton bahan makanan," kata Menhan Prabowo dalam keterangannya, Selasa (21/2/2023).

"4 pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pascagempa," imbuh Prabowo.

Pemerintah Indonesia juga mengirim tim SAR, tim medis dan rumah sakit lapangan yang sudah lebih dulu berangkat ke titik lokasi gempa di Turki dan Suriah. Pemerintah Indonesia berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.

Selain Prabowo, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan ini.

Kementerian Pertahanan RI sebelumnya telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah pada Sabtu (11/2) dari Lanud Halim Perdanakusuma juga. Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.






Baca artikel detiknews, "Prabowo Dampingi Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Gempa Turki dan Suriah" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6580891/prabowo-dampingi-jokowi-lepas-bantuan-kemanusiaan-gempa-turki-dan-suriah.

Lebih baru Lebih lama