Ditemukan Kapal Tanpa ABK di Kawarang, Seorang Nelayan Dikonfirmasi Hilang

Polisi saat melakukan pencarian nelayan hilang di perairan Karawang (Foto: Istimewa)

Beropini.id - Seorang nelayan asal Desa Muara Lama, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang dikabarkan hilang di perairan Cilamaya, Kabupaten Karawang. Polisi turun tangan melakukan pencarian.

Kasat Polairud Polres Karawang AKP Adis Iskandar mengatakan, kabar hilangnya nelayan tersebut diketahui saat warga melapor adanya kapal berlayar tanpa anak buah kapal (ABK).

"Kemarin kami terima laporan bahwa ada sebuah kapal berlayar tanpa ABK pada Jumat sore, setelah melakukan asessment diketahui bahwa kapal tersebut milik seorang nelayan asal Muara Lama," ujar Adis, saat dikonfirmasi detikJabar, Sabtu (4/2/2023).

Ia menuturkan, kabar hilangnya nelayan bernama Jakaria tersebut juga telah dikonfirmasi pihak keluarga. Dari keterangan keluarga, Jakaria belum pulang melaut sejak pergi pada Jumat (3/2) pagi hingga kabar ditemukannya kapal tanpa ABK sore harinya.

"Pihak keluarga membenarkan bahwa yang bersangkutan belum pulang melaut, saat kami menemukan kapalnya berlayar tanpa ABK. Kami simpulkan nelayan tersebut hilang di perairan Cilamaya," kata dia.

Pencarian tersebut dilakukan oleh petugas gabungan dari Basarnas, Polairud, BPBD, dan Tagana, dengan metode penyusulan di beberapa wilayah perairan terdekat.

"Wilayah pencarian dilakukan di sekitar tempat ditemukannya kapal, yaitu di perairan Pasriputih, perairan Tengkolak, hingga Perairan Cilamaya perbatasan Kabupaten Subang," ungkapnya.

Pihaknya juga telah memberikan informasi tentang dugaan hilangnya ABK tersebut, kepada nelayan yang sedang mencari ikan untuk memberikan informasi bilamana menemukan korban yang diduga hilang.

"Kami juga meminta kepada para nelayan yang sedang melaut untuk menginformasikan jika menemukan korban hilang, selain itu mengingat cuaca sedang buruk. Kami juga mengimbau agar nelayan yang sedang melaut segera berlabuh untuk mengantisipasi kejadian buruk," pungkasnya.




Baca artikel detikjabar, "Seorang Nelayan Tiba-tiba Hilang di Perairan Karawang" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6551424/seorang-nelayan-tiba-tiba-hilang-di-perairan-karawang.


Lebih baru Lebih lama