Diguyur Hujan Berhari-hari, Jalur Wisata Warungkadu Purwakarta Tergerus Longsor

Jalur amblas Desa Warungkadu, Pasawahan, Purwakarta/detik

Beropini.id - Hujan yang mengguyur berhari-hari menyebabkan jalan penghubung jalur wisata atau jalan alternatif di Desa Warungkadu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Minggu (26/2/2023), tergerus longsor. Longsoran itu menyebabkan jalan ambles sekitar 15 meter.

"Kehujanan bekas banjir semalem, hujan gede terus dan berhari-hari. Kira-kira 15 meteran (ambles), jadi jalan ditutup separo," ujar Saifuddin, salah seorang warga yang memasang bambu untuk menyangga rongga jalan, Minggu (26/02/2023).

Kondisi ini membuat arus lalu lintas di sekitar titik longsor terganggu. Warga yang menjaga titik longsor harus melakukan rekayasa arus dengan buka-tutup atau dibuka secara bergantian.

Bahkan agar amblesan jalan tidak semakin meluas dan parah, masyarakat menutup satu jalur yang terjadi ambles. Bahkan masyarakat memotong bambu dan memasangnya di rongga jalan ambles.

"Ini ke arah Wanayasa jalur wisata, iya gantian, udah dilaporkan, masih nunggu, ya harus gimana lagi. Laporan udah, tapi belum ditanggapi," katanya.

Dilansir detikJabar di lokasi, terlihat antrean kendaraan warga dan wisatawan dari kedua arah. Kendaraan yang melintas harus bergantian untuk melintas jalur ambles tersebut.

Warga berharap, pihak terkait segera memperbaiki kondisi jalan yang tergerus longsor lantaran khawatir semakin melebar. Terlebih jalan raya ini merupakan jalur alternatif wisata yang menghubungkan Purwakarta dengan Wanayasa dan Subang Selatan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, Yuddy Hediana mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena Purwakarta merupakan wilayah rawan bencana alam saat turun hujan.

"Yang paling kita antisipasi, itu bencana alam berupa pergerakan tanah dan longsor," ujar Yuddy.

Yuddy menjelaskan sejauh ini pihaknya telah menguatkan komunikasi dengan seluruh stakeholder untuk menyiapkan berbagai langkah antisipasi guna menghadapi bencana alam yang kerap datang saat turun hujan.

"Kami meminta seluruh pihak untuk waspada, karena ada beberapa beberapa bencana alam musiman yang kerap terjadi," ucapnya.

(yum/orb)


Baca artikel detikjabar, "Jalan Penghubung Jalur Wisata di Purwakarta Ambles!" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6589840/jalan-penghubung-jalur-wisata-di-purwakarta-ambles.


Lebih baru Lebih lama