Didemo Warga, Seorang Kades di Lombok Tengah NTB Diduga Lecehkan Warganya dengan Meminta Foto Bugil

Demo di depan kantor desa Lombok Tengah/detik

Beropini.id - Kepala Desa (Kades) Ungga Suasto Hadiputro Armin didemo ratusan warganya di Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Suasto diduga melecehkan seorang perempuan yang merupakan warganya dengan meminta korban kirim foto bugil via WhatsApp.

Koordinator aksi Apriadi Abdi Negara mengatakan korbannya adalah L (19) istri dari K (49) warga desa Ungga. L diketahui tengah berada di luar negeri.

"Rupanya Kades sempat chatting dengan korban yang berada di luar negeri. Kemudian Kades meminta korban berfoto telanjang," kata Abdi saat diminta keterangan, Selasa (7/2/2023).

Menurut Abdi, ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Penjaga Kehormatan Perempuan dan Marwah Desa Ungga mendesak agar Kades mundur dari jabatannya.

"Aksi demonstrasi terkait dengan adanya percakapan asusila atau pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh kepala desa. Ini menimbulkan gejolak di tengah masyarakat Desa Ungga," jelas Abdi.

Abdi juga mengatakan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Suasto kepada warganya ini merupakan kelakuan yang tidak bermoral serta tidak berakhlak. Ia juga menilai apa yang telah diperbuat oleh Suasto itu telah membuat nama baik Desa Ungga tercoreng.

"Ini jelas-jelas sudah mencoreng nama baik Desa Ungga. Maka dari itu kami minta kepala desa untuk menjelaskan sekarang juga," tegas Abdi.

Abdi menuturkan, pada tahun 2019, L saat itu sempat menikah dini namun dicegah oleh Suasto. Pada saat itu L ditampung di rumah Suasto dengan alasan akan mendampingi korban melapor ke Polres.

"Saat berada di rumahnya kepala desa itu, L diduga sempat mendapatkan perilaku yang tidak senonoh juga dari Kades Suasto. Jadi ada hal-hal negatif yang ingin dilakukan oleh kepala desa," ucap Abdi.

Tidak lama setelah kejadian itu, L menikah dengan K suaminya. Bahkan saat itu juga sempat dicekal oleh Suasto. Hanya saja, saat itu Suasto sempat diancam oleh L untuk membongkar akal busuknya kepada publik jika tidak diizinkan menikah.

"Jadi Suasto pun memberikan si L menikah setelah satu bulan tidak diberikan izin. Bahkan korban bilang kalau saya tidak diberikan akad nikah maka saya akan bongkar. Baru dikasih," ungkap Abdi sambil menirukan perkataan L ke Suasto.

Saat ini, L sedang menjadi TKW di Arab Saudi. Sebelum diminta berfoto bugil, L sempat meminta bantuan Kades untuk dipulangkan. "Tetapi malah kades minta korban foto bugil. Korban juga disuruh untuk mengirim foto telanjang untuk memperlihat bagian tubuhnya," tukas Abdi.

Dalam waktu dekat L akan berusaha dipulangkan secepatnya untuk melaporkan hal itu ke Polda NTB. "Karena ini delik aduan, maka korban yang harus melapor," jelas Abdi.


Bantahan dan Klaim Nomor HP Diretas

Kepala Desa (Kades) Ungga Suasto Hadiputro Armin mengklaim nomor pribadinya yang terdaftar di aplikasi WhatsApp (WA) terkena hack atau peretasan. Karena itu, ia membantah telah meminta foto bugil warganya berinisial L (19) melalui WA.

"Saya sumpah demi dunia akhirat tidak melakukan itu (meminta foto bugil)," tutur Suasto, Selasa (7/2/2023).

Menurut Suasto, nomor 081917097*** itu sudah lama tidak digunakannya karena diretas. Bahkan, beberapa waktu lalu ia mendapatkan informasi ada orang lain yang menggunakan nomor tersebut dan meminta sesuatu ke pihak lain.

"Saya tidak pakai lagi (nomor ponsel) dan nomor itu sudah sering dipakai orang lain," ujar Suasto. Karena itu, ia meminta semua orang yang pernah dihubungi oleh nomor tersebut untuk melapor ke polisi.

Sebelumnya, ratusan warga Desa Ungga berdemo di kantor desa pada Selasa (7/2/2023) karena Suasto diduga melecehkan L dengan meminta pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Arab Saudi itu mengirimkan foto bugilnya melalui WhatsApp. Desa Ungga terletak di Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Koordinator aksi Apriadi Abdi Negara menuturkan ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Penjaga Kehormatan Perempuan dan Marwah Desa Ungga mendesak agar Suasto mundur dari jabatannya.

"Aksi demonstrasi terkait dengan adanya percakapan asusila atau pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh kepala desa. Ini menimbulkan gejolak di tengah masyarakat Desa Ungga," jelas Abdi.


Akan Laporkan Pengunggah Isi Percakapan WA

Kepala Desa (Kades) Ungga Suasto Hadiputro Armin akan memolisikan sejumlah orang yang mengunggah isi percakapan dirinya dengan L (19) di TikTok. Lantaran, hal itu ia kini diduga melakukan pelecehan seksual dengan meminta foto bugil L melalui WhatsApp (WA).

"Siapa yang sebar itu semuanya akan saya tindak tegas (laporkan pada polisi)," kata Suasto dilansir dari detikBali melalui WhatsApp, Selasa (7/2/2023).

Suasto membantah telah meminta foto telanjang L. Menurut dia, tuduhan masyarakat terhadap dirinya yang melakukan tindakan asusila itu sama sekali tidak berdasar. Apalagi, nomor WhatsApp yang diduga berisi pesan meminta foto bugil pekerja migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi itu sudah lama tidak digunakan olehnya.

Suasto mempersilakan warga setempat melapor pada polisi daripada berdemo. "Silakan untuk melapor ke polisi karena kita harus mengacu kepada hukum positif," ujarnya.

Suasto juga berani mempertanggungjawabkan semua tuduhan tersebut. "Jika ini benar maka saya akan bertanggungjawab dunia akhirat," tegasnya.

Kordinator demo Apriadi Abdi Negara meminta Suasto bersumpah di bawah Al-Quran jika tidak pernah meminta foto bugil L. Namun, Kades Ungga itu enggan melakukannya.

"Kepala Desa tidak berani bersumpah, artinya dia benar telah melakukan (meminta foto bugil)," ungkap Abdi.

Abdi juga akan membantu L pulang ke Desa Ungga dan mendampingi perempuan itu melaporkan dugaan asusila itu ke Polda Nusa Tenggara Barat. "Kami akan dampingi korban untuk melaporkan ke polisi," ujarnya.




Baca artikel detikbali, "Kades Ungga Akan Memolisikan Pengunggah Isi WA-nya dengan Korban Pelecehan" selengkapnya https://www.detik.com/bali/nusra/d-6556502/kades-ungga-akan-memolisikan-pengunggah-isi-wa-nya-dengan-korban-pelecehan.

Baca artikel detikbali, "Dugaan Minta Foto Bugil, Kades Ungga Klaim Nomor Ponselnya Diretas" selengkapnya https://www.detik.com/bali/nusra/d-6556965/dugaan-minta-foto-bugil-kades-ungga-klaim-nomor-ponselnya-diretas.

Baca artikel detikbali, "Kades di Lombok Tengah Didemo Diduga Minta Foto Bugil Warganya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/nusra/d-6556196/kades-di-lombok-tengah-didemo-diduga-minta-foto-bugil-warganya.

Lebih baru Lebih lama