Bahaya Gelombang Tinggi, BMKG Minta Masyarakat Pesisir Selatan Jabar Waspada

Ilustrasi gelombang tinggi/kompas

Beropini.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pengumuman mengenai peringatan dini terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan Selatan Jawa Barat.

Dari keterangan yang dilansir dari detikJabar Kamis (16/2/2023), BMKG memperingatkan bahwa gelombang setinggi 1,25 hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan Selatan Jawa Barat.

Peringatan gelombang tinggi tersebut dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Tunggal Wulung, Cilacap dan akan berlaku mulai Jumat (17/2/2023) pukul 19.00 WIB.

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, perairan dan samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY umumnya berawan hingga berawan tebal dan berpotensi terjadi hujan ringan.

Sedangkan angin bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 1-23 knot. Adapun rata-rata tinggi gelombang laut di perairan berkisar antara 0,75 hingga 3 meter.

BMKG menjelaskan, mulai 17-18 Februari pukul 19.00, kecepatan angin di perairan Selatan Jabar bisa mencapai 1-23 knot. Sedangkan tinggi gelombang ada di pada level sedang yakni 1,25-2,5 meter untuk perairan Sukabumi-Cianjur dan Garut-Pangandaran.

Sementara untuk perairan Samudera Hindia Selatan Jabar, tinggi gelombang ada di level tinggi yakni 2,5-4 meter.

Kemudian untuk 18-19 Februari pukul 19.00, kecepatan angin mencapai 1-23 knot. Sedangkan tinggi gelombang ada di pada level sedang yakni 1,25-2,5 meter untuk perairan Sukabumi-Cianjur dan Garut-Pangandaran.

Untuk perairan Samudera Hindia Selatan Jabar, tinggi gelombang ada di level tinggi yakni 2,5-4 meter.

Selain di Jawa Barat, gelombang tinggi ini juga berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Tengah seperti Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta dan Samudera Hindia Selatan Jateng.

(bba/mso)





Baca artikel detikjabar, "Warga di Pesisir Selatan Jabar Diminta Waspada Gelombang Tinggi" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6573046/warga-di-pesisir-selatan-jabar-diminta-waspada-gelombang-tinggi.

Lebih baru Lebih lama