Banyak ODGJ di Karawang, Dinsos Sebut Berasal dari Daerah Tetangga

Ilustrasi ODGJ/istimewa 

Beropini.id - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) semakin kerap ditemukan di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Menanggapi kondisi itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karawang, Ridwan Salam, menyatakan bahwa kebanyakan ODGJ itu disinyalir berasal dari luar Karawang.

Dengan kata lain, para ODGJ itu diduga sengaja dibuang ke Karawang dari sejumlah daerah tetangga.

"Saya kalau lihat langsung belum ya, tapi dengar informasi dari lapangan ada. Kirimannya itu dari Kota dan Kabupaten Bekasi serta dari Jakarta," kata Ridwan Salam, Jumat (27/1/2023).

Dikatakan Ridwan, berdasarkan penelusuran pihaknya ODGJ yang dibuang ke Karawang tersebar di sejumlah titik. Terutama di kawasan perbatasan masuk wilayah Karawang.

"Indikasinya ini di sekitar jembatan Badami Karawang Barat, di jalan lingkar Tanjungpura, dan ketiga di Dawuan Tengah Cikampek. Ya daerah masuk Karawang," katanya.


Klarifikasi

Untuk situasi ini, pihaknya bersama Satpol PP terus melakukan upaya evakuasi para ODGJ tersebut.

Pasalnya, kehadiran ODGJ membuat masyarakat resah, karena tak jarang ada ODGJ yang menyerang orang lain.

Untuk itu pihaknya menyatakan akan menglarifikasi dugaan itu ke pemerintah daerah tetangga, dan meminta agar tak ada lagi ODGJ yang dibuang ke Karawang.

"Saya akan coba klarifikasi ke kabupaten atau kota tetangga, dan meminta mereka mengawasi itu. Karena setahu saya, Satpol PP di kami tidak ada membuang ke daerah lain. Penanganannya enggak seperti itu," kata Ridwan.

Dia menambahkan, Dinsos Karawang tidak bisa bekerja sendirian dalam menangani ODGJ, sehingga koordinasi lintas sektoral diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut.

"Setahun ini saya ingin menyisir, tidak mungkin Dinsos sendiri. Saya ingin lintas sektoral, kumpulin dinkes, Satpol PP, Kasat Bimas Polres Karawang terkait penanganan ODGJ," tandas Ridwan.





Artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Banyak ODGJ di Karawang, Dinsos Sebut Berasal dari Daerah Tetangga, https://bekasi.tribunnews.com/2023/01/27/banyak-odgj-di-karawang-dinsos-sebut-berasal-dari-daerah-tetangga.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan

Lebih baru Lebih lama